Saturday, January 26, 2013

Pengertian Explanation Text


explanation text sebagai sesuatu teks yang di isi perihal proses-proses yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu dan pengetahuan, budaya serta yang lain. sesuatu explanation text rata-rata datang dari pertanyaan penulis tentang ‘why’ serta ‘how’ pada satu fenomena yang ada.

adapaun tujuan dari explanation text yaitu untuk menerangkan proses-proses yang berlangsung didalam pembentukan atau aktivitas yang tentang dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu dan pengetahuan, budaya, serta yang lain yang memiliki tujuan menjelaskan.

generic structur explanation text

didalam explanation text mesti ada tiga unsur sisi susunan kata-kata explanation text, yakni :

general statement
didalam general statement di isi perihal penjelasan umum perihal fenomena yang bakal dikaji, dapat berbentuk pengenalan fenomena tersebut atau penuturannya.

squenced of explanation
a squenced of explanation di isi perihal penjelasan sistem kenapa fenomena tersebut dapat berlangsung atau tercipta. a squenced of explanation berbentuk jawaban dari pertanyaan ‘why’ serta ‘how’ penulis disaat buat sesuatu explanation text. didalam squenced of explanation dapat terdiri kira-kira lebih satu paragrap.

closing
sesungguhnya closing itu tidak terlist didalam generic structure dari explanation text, namun rata-rata orang menganggap bahwa paragrap paling akhir dari sesuatu explanation text yaitu closing, meskipun sebenarnya itu sebagai sisi dari squenced of explantaion yang di isi perihal langkah akhir yang diterangkan pada sisi squenced of explanation.

agar lebih menyadari lebih detil dari explanation tersebut, maka explanation text mesti ada tanda-tanda yang salah satunya adalah

1. memakai simple present tense
2. mengguankan abstract noun ( kata benda yang tampak )
3. mengguanakan passive voice
4. memakai action verbs 

No comments:

Post a Comment